Lebaran 2013 Jatuh Pada Tanggal 8 Agustus 2013 Hal Aneh

Meski belum bisa dipastikan secara tepat, namun perkiraaan lebaran 2013 jatuh pada tanggal 8 agustus 2013. Sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia tentu saja hari raya Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kita sebgaai umat islam. Setelah melaksanakan puasa kurang lebih kurang selama 30 hari, maka Idul Fitri adalah momen yang paling mebahagiakan bagi umat muslim di Indonesia.

Lebaran 2013 Jatuh Pada Tanggal

Lebaran 2013 jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013 ini memang belum merupakan keputusan final


Namun Majelis Ulama Indonesia memperdiksi bahwa lebaran 2013 kali ini akan berlangsung 2 kali seperti bebrap tahun yang lalu. Ini dikarenakan adanya perbedaan penghitungan awal Ramadahan antara Muhamadiyah dan pemerintah. Sebagaimana kita ketahui bersama, awal Ramadhan 2013 ini mengalami perbedaan satu hari. Organisasi Muhamadiyah sudah melakukan puasa sejak tanggal 9 juli 2013 lalu.

Sedangkan pemerintah melalui hisab rukyat dan Hilal memutuskan bahwa awal Ramadahan jatuh pada tanggal 10 juni 2013. Perbedaan awal Ramadahan ini mungkin saja akan mempengaruhi juga terhadap perbedaan penentuan tanggal 1 Syawal atau hari pertama Idul Fitri. Bisa dipastikan bahwa Muhamdiyah akan merayakan lebaran pada tanggal 8 Agustus 2013 nanti sedangkan pemerintah mungkin akan mengumumkan awal Syawal adalah sekitar tanggal 9 Agustus 2013 mendatang. Namun sampai saat ini baik pemerintah maupun Majelis Ulama Indonesia belum menetukan secara pasti apakah akan terjadi perbedaan tanggal lebaran seperti perkiraan awal puasa.

Meski mungkin nanti akan ada perbedaan lebaran 2013 jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013 atau tidak, namun MUI menghimbau agar ummat tetap tenang. MUI dan pemerintah mengharapkan umat muslim tidak perlu mempermasalahkan perbedaan jatuhnya hari raya seperti layanya menentukan awal puasa seperti beberap waktu yang lalu. Menurut pemerintah, jika nanti ada perbedaan jatuhnya tanggal satu Syawal atau hari raya Idul Fitri namun hal ini tak seharusnya memecah persatuan umat.

Pemerintah juga menjanjikan tahun-tahun selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar jatuhnya hari raya Idul Fitri atau awal Ramadhan dilaksanakan secara berbarengan dana serentak agar tak terjadi kebingungan atau bahkan perpecahan diantara para umat Islam. Lalu sudahkah anda siap untuk menghadapai lebaran 2013 ini? Mungkin anda sudah harus mempersiapkan tiket mudik dan kue hari raya untuk menyambut lebaran 2013 jatuh pada tanggal 8 agustus 2013 mendatang.
thumbnail
Judul: Lebaran 2013 Jatuh Pada Tanggal 8 Agustus 2013 Hal Aneh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips Gaya Hidup :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz